Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Video dengan Model E-Learning pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ibnu Dwi Kustadiyono Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Taliwan 9, Sumbawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1031

Abstract

This study aims to improve science learning outcomes in class IX-6 students of SMPN 1 Taliwang for the 2020/2021 academic year by using video media in e-learning. This classroom action research was conducted in class IX-6 SMPN 1 Taliwang in two cycles for 3 months on magnetism material. The research data were obtained through observation and evaluation tests then analyzed descriptively. The results showed an increase in student learning outcomes in each cycle. It can be concluded that the use of video media in e-learning can improve student learning outcomes.

References

Amri, K. (2021). Penerapan Media Video dengan Model E-Learning (Daring) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Globalisasi dan Nasionalisme pada Siswa Kelas IX MTs Negeri 9 Aceh Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal on Education, 4(1), 235–243. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.449

Aditya Jakti, Y. G. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran 3S untuk Mendongkrak Self Efficacy Siswa dalamMengambil Keputusan Studi Lanjut di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(1), 59-74. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i1.127

Delismar, D. (2018). Penerapan Model Problem-Based Learning dengan Media Mofil untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 2(2), 281-298. Retrieved from https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/78

Farida, E. (2019). Media Pembelajaran Teknologi Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa pada Abad-21. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(2), 457-476. Retrieved from https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/102

Harmonis, S. E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model E-Learning Dengan Media Video Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Cikarang Barat. … : Journal of Islamic Education …. https://www.e-journal.stit-islamic-village.ac.id/jiebar/article/view/197

Isaeni, N. . (2022). Peningkatan Kreativitas Guru dalam Program School in The Park Melalui Metode Group-Based Flipped Classroom. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3). Retrieved from https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/1013

Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Rosdakarya.

Riansyah, I.C., Pasya, G.K. & Kastolani, W. (2013). Kontribusi Motivasi Belajar dan Kreativitas Peserta Didik terhadap Kemampuan Berpikir Geografis. Gea Jurnal Pendidikan Geografi, 13 (1), hlm. 50-58. Rizqi Offset.

Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Program Studi PGMI, 15(1), 112–129.

Published

2023-03-30

How to Cite

Kustadiyono, I. D. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Video dengan Model E-Learning pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 171-180. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1031