Penggunaan Media Google Meet dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.368

Abstract

The purpose of this study is to describe the empowerment of learning media google meet as one of the remote learning tools that can increase the motivation of students' learning during the covid-19 pandemic. This research is a descriptive quarative research. Data collection techniques are conducted with observations, interviews, and questionnaires on the use of Google Meet media. This research was conducted in grade V of SDN Minggiran I, Kediri Regency. Data analysis techniques are performed with Milles & Huberman interactive analysis. The results showed that the application of Google Meet media in distance learning activities during the covid-19 pandemic had a positive impact on students' learning motivation. This shows that Google Meet media provides benefits for teachers and students because of the teaching and learning process that can interact directly so as to make online learning more practical and effective. This direct interaction also increases the involvement and activeness of students during online learning during the Covid-19 pandemic.

References

Andriani, Rike, and Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Motivation as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1): 80–86.

Cahyaningsih, Ujiati. (2018). Penerapan ModelvPembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas 4(1): 1–14.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 55–61.

Didin, Fatin Saffanah, Intan Mardiono, & Hersa Dwi Yanuarso. (2020). “Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort. Jurnal OPSI 13(1): 49–55.

Divayana, Dewa Gede Hendra, Komang Krisna Heryanda, & P Wayan Arta Suyasa. (2020). Pemberdayaan Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous Berbasis Nilai-Nilai Aneka dalam Upaya Peningkatan Karakter Positif Siswa. In Proceeding Senadimas Undiksha Ke-5, Septemnber 2020, , 307–16.

Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal 5(2): 93–196.

Fahmi, Muhammad Hanif. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-Learning pada Masa Pandemic Covid-19.” Jurnal Nomosleca 6(2): 146–58.

Fajri, Muhammad. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis dalam Konteks Abad 21 di Sekolah Dasar. LEMMA (Letters of Mathematics Education) III(2): 1–11.

Fitriyani, Yani, Irfan Fauzi, & Mia Zultrianti Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran 6(2): 165–75.

Ghufron, M A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1)., , 332–37.

Haji, Sun. (2015). Pembelajaran Tematik Yang Ideal di SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2(1): 56–69.

Harfiyani, Asri. (2018).Penguatan Pendidikan Karakter melalui Budaya Literasi dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. In Prosding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 141–50.

Hariri, Citra Apriovilita, & Erna Yayuk. 2018. Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 8(1): 1–15.

Haryanti, Arum, Suhartono, & Moh Salimi. (2019). Penerapan Model Experiental Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Panas dan Perpindahannya di Sekolah Dasar. Jurnal Pijar MIPA 14(1): 18–22.

Hasnidar, Hasnidar, & Elihami Elihami. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learningterhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar.” MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1): 42–47.

Kristina, Efi, Endang Ulliyanti, & Syamsiati. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Media Konkrit di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 4(12): 1–11.

Lase, Delipiter. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Education. Jurnal Sunderman 12(2): 28–43.

Lawe, Yosefina Uge. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Technology 2(1): 26–34.

Martini, Eneng. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2): 21–27.

Milles, Matthew B., & A Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. eds. Tjetjep Rohendi Rohidi and Mulyarto. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Murziqin, R., Idris, S., Usman, N. Hayati, H., Tabrani ZA. (2020). Epidemiology and psychology in handling the psycho-social problem Covid-19. Opcion, 36(91), 1310-1333. https://produccioncientificaluz.org/index.php/opcion/article/view/32502

Nahar, Novi Irwan. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1(1).

Ningsih, Sulia. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) 7(2): 124–32.

Prananda, Gingga, & Hadiyanto. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3(3): 909–15.

Rachmawati, Yuanita et al. (2020). “Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya.” Indonesian Journal of Science Learning 1(1): 32–36.

Rijal, Syamsur. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Siswa melalui Penerapan Teori Belajar Bruner. In Prosiding Seminar Nasional, , 489–95.

Rohman, Aris Abdul, Ace Iwan Suryawan, & Imam Jahrudin Priyanto. (2019). Penerapan Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas Kerajinan Tangan Peserta Didik.” EDUCARE 17(2): 119–26.

Sadikin, Ali, & Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Imiah Pendidikan Biologi 6(2): 214–24.

Setiawan, Adib Rifqi. (2019a). Literasi Saintifik Berdasarkan Kecerdasan Majemuk dan Motivasi Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 13(2): 126–37.

Setiawan, Adib Rifqi. (2019b). Penggunaan Mabadi ‘Asyroh dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. In Seminar Nasional Biologi 2019 “Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Biologi III (IP2B III) 2019,” , 158–64.

Setiawan, Adib Rifqi. (2020a). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 28–37.

Setiawan, Adib Rifqi. (2020b). Profil Literasi Saintifik Berdasarkan Kecerdasan Majemuk Dan Motivasi Belajar (Scientific Literacy Profile Based on Multiple Intelligences and Learning Motivation).

Sobri, Muhammad, Nursaptini, & Setiani Novitasari. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring di Perguruan Tinggi pada Era Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Glasser 4(1): 64–71.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, Wahyu Bagja. (2019a). “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Edutecno: Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan 18(106): 1–12.

Sulfemi, Wahyu Bagja. (2019b). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi,dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4(1): 13–19.

Sulfemi, Wahyu Bagja, & Abdul Qodir. (2017). Hubungan Kurikulum 2013 dengan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK Pelita Ciampea. Edutecno: Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan 17(106): 1–12.

Tegeh, I Made, Ni Luh Ariesti Pratiwi, & Alexander Hamonangan Simamora. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. jurnal IKA 17(2): 150–70.

Widiastiti, Ni Luh Ayu, & Made Sumantri. (2020). Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar IPA.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 3(2): 303–14.

Yanti, Minanti Tirta, Eko Kuntarto, & Agung Rimba Kurniawan. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal pendidikan Dasar 10(1): 61–68.

Published

2021-11-30

How to Cite

Sri Astutik, I. (2021). Penggunaan Media Google Meet dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 801-820. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.368