Preface from the Editor
Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 3, November 2024
Pembaca Jurnal Didaktika yang berbahagia, dengan suasana hati yang menggembirakan kami persembahkan Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar Volume 8, Nomor 3, November 2024. Edisi Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar kali ini menyuguhkan rangkaian artikel ilmiah berkualitas yang mencerahkan terkait kebijakan di bidang Pendidikan dasar. Volume 8, Nomor 3 ini tidak hanya merupakan hasil dari seleksi ketat melalui call for paper, tetapi juga telah melalui proses pengayaan dan penyempurnaan di bimbingan teknis yang kami selenggarakan beberapa waktu lalu di Yogyakarta. Ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk terus mengangkat kualitas penelitian dan praktik pendidikan di Indonesia, khususnya pada jenjang pendidikan dasar.
Dalam edisi ini, pembaca akan mendapatkan artikel-artikel ilmiah yang mencerminkan keberagaman dan kedalaman pemikiran para pendidik dan peneliti. Topik yang diangkat sangat variatif, mulai dari inovasi dalam pembelajaran berbasis STEAM, pengembangan literasi numerasi melalui media permainan, hingga penerapan metode pembelajaran yang berorientasi pada kemandirian dan keterampilan kritis siswa. Setiap artikel telah dirancang untuk tidak hanya memberikan wawasan akademis, tetapi juga aplikatif, yang dapat diimplementasikan langsung dalam praktik pendidikan sehari-hari.
Salah satu highlight adalah penggunaan permainan ular tangga untuk memperkuat kemampuan literasi numerasi, sebuah pendekatan yang menunjukkan kreativitas dalam memadukan pembelajaran dan bermain. Begitu pula, pengaruh kegiatan plugged dan unplugged dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa SMP memberikan perspektif baru tentang pentingnya memanfaatkan serta menyeimbangkan teknologi dalam proses belajar mengajar.
Kami juga memperkenalkan beberapa studi yang fokus pada pengembangan karakter dan keterampilan berpikir tingkat tinggi, seperti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang mengungkapkan potensi besar dalam integrasi nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum sekolah. Hal ini menandai pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berakhlak mulia dan berkarakter kuat.
Keragaman metodologi dan fokus penelitian yang dipresentasikan dalam edisi ini diharapkan dapat memperkaya khazanah pengetahuan dan menjadi referensi penting bagi para peneliti, praktisi pendidikan, serta para pembuat kebijakan. Kita semua berbagi visi yang sama; meningkatkan kualitas pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan yang dapat menjawab tantangan zaman.
Pada akhirnya, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua penulis yang telah berkontribusi, para reviewer yang memberikan evaluasi dan saran yang konstruktif, serta semua pihak yang terlibat dalam proses editorial. Kerja keras dan dedikasi Anda semua telah membuahkan edisi yang tidak hanya informatif tetapi juga inspiratif.
Semoga edisi ini membuka lebih banyak lagi wawasan dan inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan dan mengembangkan pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Selamat membaca, dan kami menantikan partisipasi serta kontribusi Anda di edisi-edisi mendatang. View Issue
Salam Redaksi,
Ir. Moch Abduh, MS.Ed., Ph.D.
Editor in Chief