Pengembangan Majalah Krisan Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMPN 2 Ujan Mas

Authors

  • Yefita Putrizanti Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ujan Mas, Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i3.1763

Abstract

Kecakapan literasi dapat dilihat dari hasil rapor Pendidikan melalui Asesmen Kompetensi Minimum. Berdasarkan hasil rapor pendidikan nilai literasi siswa di SMPN 2 Ujan Mas masih rendah, hal ini juga tampak dari rendahnya minat baca siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah Krisan berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan minat baca siswa di SMPN 2 Ujan Mas. Majalah Krisan dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengembangan berfokus pada pada pembuatan konten berkualitas berbasis kearifan lokal yang dapat diakses melalui berbagai perangkat digital.  Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa majalah Krisan layak dengan nilai validasi 3,20. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa majalah Krisan layak dengan nilai validasi 3,18. Hasil evaluasi melalui uji kelayakan menunjukkan bahwa 95,18% siswa dan 89% guru memberikan respons sangat positif terhadap majalah Krisan. Berdasarkan hasil penelitian, majalah Krisan terbukti efektif dalam meningkatkan minat baca siswa dan dapat diimplementasikan sebagai media literasi interaktif yang inovatif.

References

Adam, S.H., Ismail, A., & Ali, S.U. (2022). Local Wisdom-Based Literary Literacy in Language and Literature Learning for Senior High School Student in Ternate: Strategies and Obstacles. Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching, 6(1), 65–77. https://doi.org/10.30743/ll.v6i1.4482.

Almahdi, M.R.A., Fathoni, M.S., Fatmah, Y.T., & Faidah, Z.S. (2022). Menumbuhkan Budaya Literasi melalui Kecakapan Digital di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Humanitaria: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 83–102. https://doi.org/10.14421/hum.v1i1.2516.

Anisa, R.A., Ipungkarti, A.A., & Saffanah, K.N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 1(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685.

Branch, R.M. (2010). Instructional Design: The ADDIE Approach. Dalam Instructional Design: The ADDIE Approach. The Aspen Institute. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.

Clark, R.C., & Mayer, R.E. (2016). About This Book Why is e-Learning and the Science of Instruction important? John Wiley & Sons, Inc., Hoboken. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/9781119239086.fmatter

Falah, I.F., Kusumah, R., & Muhafidin. (2023). Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Membaca Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 46–51. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2607.

Fatmawaty, F. (2023). Students’ Reading Skills in Science Lessons in the Education 4.0 (E4.0). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1542–1550. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.3269.

Fikriyah, A., Ahied, M., & Qomaria, N. (2024). Developing Science Magazine Integrated with Contextual Teaching and Learning Approach Based on Local Potential in Talang Siring Beach, Indonesia. Biosfer, 17(1), 45–52. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.32057.

Fitri, F., Supriyatno, T., & Yaqin, M.Z.N. (2022). Pengaruh Penerapan Literasi Berbasis Web terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Kelas V. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), 1173-1178. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.828.

Hendra, H., Afriyadi, H., Tanwir, T., Hayati, N., Supardi, S., Laila, S.N., Prakasa, Y.F., Hasibuan, R.P.A., & Asyhar, A.D.A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori dan Praktik). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hobbs, R. (2010). Digital and Media Literacy: A Plan of Action. The Aspen Institute.

Ikram, M., & Risna, R. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Tradisi Mappere’ dalam Pembelajaran Sejarah di MAN Pangkep. Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, 12(1), 81–93. https://doi.org/10.31969/pusaka.v12i1.1470.

Julita, J., & Purnasari, F.D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460.

Kawamoto. K. (2002). Media and Society in the Digital Age (1st edition). Pearson.

Krismayanti, Y.R.K., Laila, A., & Kurnia, I. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Anak. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 7(3), 358–368. https://doi.org/10.34125/kp.v7i3.839.

Lase, N.K., Sipahutar, H., & Harahap, F. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 99–107. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i2.4305.

Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Parama Publisihing.

Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511811678.

Melati, E., Fayola, A.D., Hita, I.P.A.D., Saputra, A.M.A., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 06(01), 732–741. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4939.

Nisa, W.M. (2022). Pembelajaran Terintegrasi “POLOS” (Potensi Lokal Sekolah) dalam Peningkatan Minat Belajar IPA Siswa. Jurnal Didaktika Pendidika Dasar, 6(3), 1125–1138. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.760.

Panjaitan, S., Napitupulu, E., & Sugiharto, S. (2024). Local Wisdom Media-Based Learning Model: Basic Competencies for Creative Economy Development in Social Sciences Subjects (Social Sciences). Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 5(1), 230–243. https://doi.org/10.47175/rielsj.v5i1.907.

Reeves, T.C., & Hedberg, J.G. (2003). Interactive Learning Systems Evaluation. Educational Technology Publications.

Saraswati, D.A., Pangestika, R.R., & Nurhidayati. (2023). Pengembangan Majalah Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Literasi Sains Materi Metamorfosis Kelas IV Sekolah Dasar. Ezra Science Bulletin, 1(2), 217–223. https://doi.org/10.58526/ez-sci-bin.v1i2.30.

Saripudin, D., Yulifar, L., Fauzi, W.I., & Anggraini, D.N. (2022). Pemanfaatan dan Penggunaan E-Book Interaktif Sejarah Lokal Jawa Barat bagi Guru-Guru SMA/SMK Melalui in/on Training. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 5(2), 137–146. https://ejournal.upi.edu/index.php/historia/article/view/40155.

Subasman, I., Widiantari, D., & Aliyyah, R. R. (2024). Dinamika Kolaborasi Dalam Pendidikan Karakter: Wawasan Dari Sekolah Dasar Tentang Keterlibatan Orang Tua Dan Guru. Journal on Education, 6(02), 14983–14993. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5320.

Walidin, W., Saifullah, S., & Tabrani, ZA. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Grounded Theory (1 ed.). Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Widiasanti, I., Ramadhan, N.A., Alfarizi, M., Fairus, A.N., Oktafiani, A.W., & Thahur, D. (2023). Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1355–1370. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4939.

Published

2024-11-30

How to Cite

Putrizanti, Y. (2024). Pengembangan Majalah Krisan Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMPN 2 Ujan Mas. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(3), 1117-1140. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i3.1763